Pelatih Brasil : Lionel Messi Belum Pantas Dibandingkan Dengen Pele

Pelatih Brasil : Lionel Messi Belum Pantas Dibandingkan Dengen Pele
Foto : Kompas

Oranyenews.com, Jakarta – Tite selaku pelatih timnas Brasil, menilai bahwa Lionel Messi tidak pantas jika dibandingkan dengan legenda hidup sepak bola, Pele.

Tite menilai, saat ini Messi memang pemain terbaik di dunia. Akan tetapi hal tersebut belum cukup untuk membuat Messi disejajarkan dengan Pele.

Dalam hal ini, Tite menganggap bahwa Pele merupakan sosok pemain sepakbola terbaik sepanjang masa. Sedang Messi hanya mewakili generasi yang sekarang.

“Pele tidak bisa dibandingkan dengan siapa pun. Jika ada orang yang membandingkan Pele, itu hanya akan masuk ke telinga kanan saya dan keluar dari telinga kiri,” ucap Tite seperti dikutip dari situs web Bleacher Report.

“Jika orang membandingkan Pele, mungkin orang itu tidak paham sejarah dan tidak punya kredibilitas dalam sepak bola. Pele adalah sebuah fenomena,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Tite juga memberikan kepastian bahwa pendapatnya bukan berdasar pada Messi dari Argentina yang merupakan rival abadi untuk Brasil.

“Saya pernah memuji Messi pemain yang tidak biasa. Tetapi itu pujian hanya berlaku untuk sekarang dan Pele tidak bisa diukur dengan skala atau statistik yang normal,” jelas Tite.

“Saya tidak mengatakan ini karena saya pelatih dan orang Brasil. Anda tidak bisa menemukan cacat dalam pendapat saya ini,” imbuhnya.

Seperti yang diketahui, perdebatan tentang siapa sosok pemain sepakbola terbaik sepanjang masa, mungkin tidak akan pernah ada habisnya.

Dalam hal ini, terdapat Pele, Diego Maradona, Johan Cruyff, Cristiano Ronaldo, bahkan juga Lionel Messi termasuk pada jajaran nama yang sering disebut sebagai pemain terbaik dunia sepakbola sepanjang masa.

Kembali muncul adanya perbandingan antara Pele dan Messi, pasca digelarnya laga persahabatan Argentina melawan Uruguay, Senin (18/11/2019).

Pada gelaran laga tersebut, Messi menjadi penyelamat untuk Argentina dari kekalahan. Pasalnya melalui golnya di masa injury time, membuat laga tersebut berakhir imbang dengan skor 2-2.

Tambahan satu gol tersebut menjadikan Messi saat ini telah mengoleksi 70 gol bersama Argentina. Jumlah tersebut ternyata juga melahirkan catatan unik.

Tercatat oleh Gracenote, saat ini Messi menempati urutan kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak untuk timnas di negara Amerika Selatan.

Pasalnya, Messi hanya terpaut tujuh gol dari Pele, yang masih berada pada peringkat teratas. Statistik tersebut juga menjadi Messi dan Pele kembali menjadi perbandingan.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here