Harusnya Minggu Ini, LaLiga Protes El Clasico Ditunda Hingga 18 Desember

Harusnya Minggu Ini, LaLiga Protes El Clasico Ditunda Hingga 18 Desember
Foto : Alex Caparros/Getty Images

Oranyenews.com, Madrid – Menanggapi keutusan Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF), LaLiga tidak sepakat dengan mengundurkan El Clasico ke 18 Desember. Dalam hal ini, LaLiga sangat yakin untuk mengambil tindakan.

Laga El Clasico yang mempertemukan antara Barcelona kontra Real Madrid, sebelumnya sempat menimbulkan teka-teki. Kondisi Catalonia yang semakin panas, memunculkan wacana terkait pemindahan lokasi, hingga berujung pula pada penundaan laga.

Pada akhirnya, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) membuat keputusan pada Rabu (23/10/2019). Dalam hal ini RFEF memberikan keputusan bahwa laga antara Barcelona melawan Real Madrid tetap berada di Camp Nou.

Akan tetapi, jadwal dari laga tersebut tetap di undur, dari yang mulanya 26 Oktober, menjadi 18 Desember 2019. Dari keputusan tersebut tentunya menimbulkan banyak kritik dan komentar dari para penggemar. Khususnya bagi mereka yang memang menunggu perhelatan laga tersebut.

Menurut yang dikutip dari BBC, jadwal tersebut pada dasarnya bertepatan dengan babak pertama Copa del Rey. Sehingga LaLiga menyatakan bahwa mereka tidaklah sepakat. Dimana mereka selaku operator kompetisi, mempunyai niatan untuk menggelar laga El Clasico pada 4 Desember 2019.

Dari pernyataannya, LaLiga menyebut bahwa pihaknya tidak setuju dengan keputusan yang diambil oleh komite kometisi. Meski antar kedua klub sudah sepakat, namun LaLiga tetap merasa keberatan. Namun pada akhirnya, tanggal dari laga sudah ditetapkan.

“LaLiga tidak setuju dengan keputusan komite kompetisi yang menetapkan tanggal 18 Desember, setelah kesepakatan tercapai antara Barcelona dan Real Madrid, kendati LaLiga keberatan–terkait tanggal El Clasico tunda harus dimainkan,” isi pernyataan LaLiga menurut yang dilansir dari BBC.

Lebih lanjut, LaLiga masih tetap berusaha untuk mengubah keputusan tersebut. Salah satu hal yang tengah diupayakan ialah dengan mempelajari dokumen, khususnya untuk proses pengambilan keputusan.

“Kami sedang mempelajari dokumen yang kami punya perihal proses pengambilan keputusannya.” lanjut pernyataan LaLiga.

LaLiga juga menjelaskan, langkah yang mereka ambil tidak lepas dari usaha untuk melakukan evaluasi. Yang dikedepankan ketika mereka mengambil tindakan hukum, yang mungkin saja dilakukan.

Tepatnya dari beberapa sisi, baik secara hukum  ataupun organisasi publik yang terkait dengan liga. Mereka pun menyatakan bahwa akan tetap berupaya melakukan hal semaksimal mungkin guna mendukung kebutuhan fans.

“Ini sebagai bentuk mengevaluasi pengambilan tindakan hukum yang memungkinkan dan terhadap siapa saja harus dilakukan, sebelum dilakukan badan hukum atau organisasi publik yang berkaitan,” akhir dari pernyataan LaLiga.

Belakangan ini, El Clasico memang menjadi pembahasan panas di media sosial. Sedangkan untuk jadwal sendiri, dibahas lantaran kondisi politik di Catalonia yang tengah bergejolak.

Pada penambahan masa tahanan politik Catalonia, khususnya yang memberikan dukungan referendum dua tahun lalu, menjadikan masyarakat marah, serta siap menggelar demo besar-besaran pada akhir pekan ini.

Sedangkan dari sisi fans, muncul beberapa spekulasi yang menilai bahwa LaLiga harus didukung. Namun tidak sedikit pula yang memberikan kritik atas tindakan yang mereka ambil. Meski para fans sudah penasaran dengan hasil El Clasico, namun mereka tetap berusaha sabar dengan adanya keputusan RFEF.

Seperti apa hasilnya, hingga saat ini pihak RFEF dan LaLiga masih terus berunding dan mengambil jalan terbaik. Namun yang pasti, dan mungkin tidak akan berubah, yakni jadwal Liga Spanyol yang mempertemukan Real Madrid melawan Barcelona akan dihelat tanggal 18 Desember mendatang.

Tidak hanya di Spanyol, namun fans di seluruh dunia juga ikut menggerutu. Di saat Barca dalam kondisi cemerlang, dan Madrid tengah berusaha bangkit, tentu akan menyajikan tontonan yang sangat menghibur.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here