6 Pelatih Timnas di Piala Dunia Memiliki Pengalaman di LaLiga

0
145

ORANYENEWS- Enam pelatih Tim Nasional (timnas) di Piala Dunia tahun ini bisa membanggakan pengalaman mereka dalam melatih skuad yang tergabung di LaLiga. Enam pelatih timnas yang berpartisipasi dalam Piala Dunia 2018 di Rusia sebelumnya pernah memiliki pengalaman melatih tim di LaLiga.

Pelatih timnas Mesir, Héctor Cúper; pelatih timnas Iran, Carlos Queiróz, pelatih timnas Argentina, Jorge Sampaoli; pelatih timnas Saudi Arabia, Juan Antonio Pizzi; dan pelatih timnas Uruguay, Óscar Washington Tabárez; serta pelatih timnas Spanyol, Fernando Hierro, semuanya memiliki riwayat karir yang sukses sebagai pelatih di LaLiga. Sebagai tambahan, para pendukung Real Madrid, Sevilla, Valencia, Real Betis, Real Oviedo, dan Real Mallorca setidaknya akan memiliki negara kedua yang dapat mereka dukung di kompetisi internasional yang dihelat musim panas ini!

Héctor Cúper [Mesir – Real Mallorca, Valencia dan Real Betis]
Pelatih timnas Mesir, Héctor Cúper, merupakan salah satu pelatih yang paling berpengalaman di dunia sepak bola dan menjadi pelatih Real Mallorca adalah pengalaman pertamanya. Cúper membimbing The Islander mengamankan peringkat kelima dan memasuki final Copa Del Rey saat pengalaman perdananya pada musim 1997/98. Tidak hanya itu saja, Cúper juga memiliki andil untuk membawa Real Mallorca mendapatkan peringkat ketiga di LaLiga serta memenangkan final Liga Eropa pada musim berikutnya. Pria kelahiran Argentina ini berhasil membawa Valencia ke final Liga Champions pada tahun 2000 dan 2001, sebelum kembali ke Mallorca danmenyelamatkan tim ini dari degradasi pada musim 2004/05. Dengan menambahkan pengalaman singkatnya melatih Real Betis pada musim 2007/08, Cúper menduduki peringkat kesembilan pelatih dengan jumlah partisipasi laga terbanyak di LaLiga, dengan total 200 pertandingan.

Carlos Queiróz [Iran – Real Madrid]
Queiróz termasuk salah satu pelatih sepak bola yang paling sering berpindah-pindah.
Tugas terbesarnya di hampir tiga dekade terakhir adalah saat ia membimbing Real
Madrid pada musim 2003/04 silam. Datang dari Manchester United bersamaan dengan David Beckham menandatangani kontrak dengan Galactico, Queiróz segera
membimbing tim di laga Supercopa Spanyol dan berhasil membawa Real Madrid ke puncak klasemen LaLiga musim tersebut. Pelatih asal Portugis tersebut merupakan salah satu dari sedikit pelatih yang pernah melatih tiga timnas di laga Piala Dunia; untuk Afrika Selatan pada tahun 2002, untuk Portugal pada tahun 2010 [bersama dengan Cristiano Ronaldo], dan Iran pada tahun 2014 dan 2018.

Jorge Sampaoli [Argentina – Sevilla]
Pelatih timnas Argentina, Sampaoli, baru saja mengemban posisi sebagai pelatih timnas 12 bulan lalu, setelah dibujuk negara asalnya untuk meninggalkan Sevilla setelah berlaga pada musim yang sangat intens saat itu. Pertandingan LaLiga pertamanya berakhir dengan kemenangan 6-4 melawan Espanyol, dan tim yang selalu menyerang ini bermain di klasemen papan atas selama musim gugur dan musim dingin pada pertandingan 2016/17 lalu, sebelum kemudian menempati posisi ke empat di akhir musim. Pada pertandingan musim panas di Rusia kali ini, ia akan membimbing dua pemain Sevilla [Éver Banega, sebagai gelandang tengah, dan Gabriel Mercado, sebagai bek], serta tentu saja, Lionel Messi dari Barcelona yang berperan sebagai kapten kesebelasan timnas. Sampaoli sebelumnya memiliki rekam jejak yang sukses membimbing Chili mengangkat piala Copa America pada tahun 2015.

Juan Antonio Pizzi [Saudi Arabia – Valencia]
Pelatih timnas Saudi Arabia, Juan Antonio Pizzi, merupakan salah satu pelatih yang
memiliki pengalaman singkat namun sangat berpengaruh di LaLiga dalam beberapa tahun terakhir. Mantan penyerang Tenerife, Barcelona, dan Villarreal yang pernah berlaga dalam Piala Dunia 1998 ini dinobatkan sebagai pelatih Valencia pada Desember 2013 lalu. Dalam kurun waktu singkat, ia berhasil memimpin Valencia untuk mengalahkan Levante di laga derby, serta kemenangan 3-2 di kandang Barcelona dan di saat yang bersamaan juga membimbing Los Che di semi-final liga Eropa. Sebagai pelatih internasional, Pizzi juga pernah membimbing Chili mempertahankan piala Copa America pada trurnamen ‘Centenario’ di Amerika Serikat 2016 lalu.

Óscar Washington Tabárez [Uruguay – Real Oviedo]
Salah satu legenda dari Uruguay, Óscar Washington Tabárez, memimpin kesebelasan negaranya menuju final Piala Dunia keempat musim panas ini. Mungkin namanya jarang terdengar, meskipun ia melatih Real Oviedo pada musim 1997/98 dan membawa The Asturians lepas dari ancaman degradasi serta beberapa kemenangan derby melawan Sporting Gijón. El Maestro (Guru), sebutan untuk Tabárez, kembali ke kampung halamannya dengan memboyong lima pemain LaLiga untuk timnas Uruguay, yaitu Luis Suárez (Barcelona), Diego Godín dan José Maria Giménez (Atlético Madrid), Cristhian
Stuani (Girona) dan Maxi Gomez (Celta Vigo).

Fernando Hierro [Spain – Real Oviedo]
Ditunjuk sebagai pelatih timnas pada detik-detik terakhir, legenda Real Madrid dan
Spanyol, Fernando Hierro, memimpin kesebelasan nasional Spanyol untuk pertama kalinya di laga Piala Dunia. Hierro, seorang bek yang hebat pada masanya, memulai karir sebagai pelatih di klub muda Real Madrid – di mana ia pernah menghabiskan 14 musim sebagai pemain – sebelum ia bergabung di LaLiga 1l2l3 untuk Real Oviedo pada tahun 2016 dan nyaris melewatkan pertandingan di hari terakhir musim tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here