Unggul 2-1 Atas Kolombia, Jepang Ciptakan Sejarah Baru di Piala Dunia

0
110

ORANYENEWS- Perwakilan Asia di Piala Dunia, Jepang berhasil menciptakan sejarah di Piala Dunia 2018. Yaitu, Jepang menjadi tim Asia pertama yang berhasil mengalahkan tim dari Amerika Selatan di ajang Piala Dunia.

Sejarah ini bukan satu-satunya, tercatat 12 fakta yang terjadi di dalam pertandingan Jepang kontra Kolombia tersebut. Berikut catatannya:

1. Kolombia kalah di laga pembuka dalam fase grup Piala Dunia untuk keempat kalinya. Mereka tak pernah lolos ke fase knock out saat kalah di laga perdananya.

2. Bisa menang di tiga pertandingan fase grup pada 2014, ini menjadi kekalahan pertama Kolombia di fase grup sejak 1998.

3. Jepang mengemas kemenangan di laga pertama dalam fase grup untuk kedua kalinya. Terakhir saat Jepang menang di laga pertamanya, mereka melaju ke babak 16 besar di Piala Dunia 2010.

4. Ini menjadi kemenangan pertama Jepang di Piala Dunia yang digelar di Eropa.

5. Yuya Osako mencetak gol kedelapannya untuk Jepang dalam caps ke-30. Itu juga menjadi gol pertamanya di Piala Dunia.

6. Gol Yuya Osako menjadi gol perdana Jepang di Piala Dunia yang berasal dari tendangan sudut, dan yang ketiga untuk gol sundulan Jepang di Piala Dunia.

7. Dua dari tiga gol sundulan Jepang di Piala Dunia didapat saat menghadapi Kolombia. Yang pertama dicetak Shinji Kagawa di Piala Dunia 2014.

8. 20 gol dari 35 gol di Piala Dunia 2018 sejauh ini berasal dari set pieces (bola mati) atau persentasenya sebesar 57%, yang menjadi persentase terbesar di Piala Dunia.

9. Sebelumnya tim Asia belum pernah mengalahkan tim asal Amerika Selatan di Piala Dunia, dengan kalah 14 kali dan imbang tiga kali. Kemenangan Jepang memutus catatan buruk itu.

10 Empat pemain Kolombia saat masuk starting XI melawan Kepang tidak tampil di kualifikasi: Jose Izquierdo, Juan Quintero, Johan Mojica, Jefferson Lerma

11. Juan Quintero menjadi pemain Kolombia pertama yang mencetak gol di dua edisi Piala Dunia.

12. Dari 19 pertandingan terakhir Kolombia di Piala Dunia, tidak ada yang berakhir 0-0 alias selalu tercipta gol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here