Derby Galicia: Pertemuan Terakhir untuk Sementara

0
47

ORANYENEWS- Celta Vigo dan Deportivo La Coruña akan bertemu lagi di laga Derby Galicia yang ke-126 pada akhir pekan ini (5/5 pukul 23.30 WIB). Akan tetapi, dengan tersingkirnya Depor ke LaLiga 1|2|3
pada Minggu lalu akibat kekalahan pahitnya melawan oleh Barcelona, maka pertemuan berikutnya yang ke-127 mungkin tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Liga Eropa Dipertaruhkan

Seperti layaknya pertandingan derby lainnya, kedua tim tentu saja akan berupaya sekuat tenaga untuk memenangkan pertandingan.

Namun, bagi Celta Vigo yang masih memiliki peluang untuk merangkak ke posisi ketujuh dan mengamankan posisi di Liga Eropa, mendapatkan tiga poin di pertandingan ini akan menjadi sangat krusial bagi mereka.

(foto: Laliga)

Sementara bagi Deportivo yang sudah terdegradasi, pertandingan ini akan menjadi kesempatan terakhir mereka untuk mengalahkan salah satu rival lokalnya di pertandingan papan atas hingga waktu yang masih belum bisa dipastikan.

Depor telah tergelincir dalam tiga pertandingan terakhirnya dan tentunya tidak berniat untuk menambah daftar kekalahan beruntunnya menjadi empat kali.

Sementara, Celta bermain
dengan sangat impresif pada derby yang digelar di awal musim ini dan membawa pulang kemenangan 3-1 setelah sebelumnya memimpin dengan skor 3-0 di Stadion Riazor milik Depor.

Depor Membela Diri dari Serangan Celta

Pemain andalan Celta Vigo musim ini, Iago Aspas, telah mencetak 20 gol dan 5 assist, yang menyumbang 46% dari total gol yang dicetak Celta sepanjang LaLiga musim ini. Namun, pemain lokal ini harus diistirahatkan untuk beberapa minggu terakhir karena cedera yang melumpuhkannya, sehingga ia tidak bisa menjadi tim inti di pertandingan derby pekan ini. Untuk mengisi posisi Iago, Celta akan menurunkan pemain berusia 21 tahun asal Uruguay, Maxi Gomez, yang sendirinya telah membuahkan 15 gol sejak debutnya di LaLiga Santander.

Sementara itu, Depor akan berusaha menghentikan Celta dengan merumputkan Lucas Perez, Adrian Lopez, dan Florin Andone.

Dua Klub, Dua Kota, Dua Budaya

Sebagai perwakilan untuk kota masing-masing, persaingan antara kedua tim ini amat sengit. Sebagai kota yang terkenal dengan industri pembuatan kapal dan aktivitas memancingnya, masyarakat Vigo terkenal dengan kerja kerasnya.

Sedangkan, masyarakat Coruña lebih terkenal dengan kepiawaiannya di bidang seni dan mode. Kedua tim ini bangga akan reputasinya masing-masing dan memiliki semangat yang membara untuk mengalahkan lawannya.

Pertemuan ini sudah berlangsung sejak tahun 1924 dan telah menciptakan beberapa momen mengesankan selama bertahun-tahun, mulai dari kemenangan Celta dengan skor akhir 13-0 pada 1928 hingga kemenangan tipis 1-0 bagi Depor di LaLiga 1999/2000 – yang membuka jalur untuk meraih gelar LaLiga mereka satu-satunya. Celta belum pernah memenangkan gelar LaLiga dan tidak akan pernah bisa melupakan kenangan pahit ketika pelatihnya, Javier Irureta, memutuskan untuk beralih mengasuh tim saingan pada tahun 1998 dan membawa Depor ke gelar liga Spanyol.

Derby Lokal dengan Profil Global

Celta Vigo dan Deportivo La Coruña yang setia kepada LaLiga telah menghabiskan musim ke-11 dan ke-12 mereka di papan atas untuk masing-masing ke-52 dan ke-46 kalinya. Dua klub yang terkenal dan dihormati ini selalu memikat perhatian penggemar.

(foto: Laliga)

Derby ini selalu menjadi pertandingan yang paling menghibur di musim LaLiga. Dengan karakteristik pertandingan yang intens dan cepat, para penggemar akan kembali menyaksikan Derby Galicia yang tidak pernah berakhir tanpa skor.

Pertandingan antara Celta Vigo dan Deportivo La Coruña akan berlangsung pada 5 Mei 2018 pukul 23.30 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here