Buffon Menangis, Akhiri 17 Tahun Kebersamaan dengan Juventus

0
323

ORANYENEWS- 17 tahun bukan waktu sebentar bagi Gianluigi Buffon, kiper andalan Juventus. Banyak momen,  kemenangan, hingga trofi yang berhasil diraih bersama si Nyonya Tua. Malam ini adalah malam terakhirnya membela klub Juventus. Air mata pun tak terbendung.

Laga terakhir Buffon adalah pertandingan penutup musim Seri A 2017/2018 Juventus melaaan Hellas Verona dengan skor 2-1 di Juventus Stadium, sabtu 19 Mei 2018 malam.

Menjadi starter, Buffon keluar pertandingan pada menit ke-63, digantikan Carlo Pinsoglio. Sisa waktu pertandingan dimanfaatkan kiper berusia 40 tahun itu dengan menyalami fans, sebagai tanda perpisahan.

Saat itu, mata Buffon tampal berkaca-kaca dan tak sanggup menahan air mata. Sejumlah suporter yang menyalaminya pun ikut menangis.

Musim depan Buffon dipastikan tidak lagi berseragam Bianconeri lagi, meskipun belum diketahui kemana langkah kiper berusia 48 tahun itu. Tapi, Buffon belum mengumumkan pensiun sebagai pemain.

Rekan satu timnya yang mencetak gol di menit ke-52 setelah gol Daniele Rugani di laga ini, Pjanic mengaku akan sangat kehilangan dan merindukan sosok Buffon. Baginya Buffon seolah sudah menjadi panutan baik di dalam ataupun luar lapangan untuk Si Nyonya Tua.

“Buffon adalah salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Saya belum tahu apakah dia meninggalkan sepakbola, tetapi dia meninggalkan Juve. Kami akan sangat merindukannya. Dia adalah orang yang superlatif dan saya merasa terhormat bisa bermain dengannya,” kata Pjanic disitat dari Football Italia.

Musim ini, Juve telah berhasil mengoleksi Scudetto yang ketujuh secara beruntun. Gelar juara ini dia anggap yang terbaik selama dua musim menjadi pemain Juve.

“Kami menutup musim penting ini dengan kemenangan, Scudetto ketujuh ini adalah yang terbaik, karena semua orang melakukan sesuatu yang luar biasa,” ujarnya.

“Kami cuma gagal di Liga Champions dan saya berharap untuk memenangkannya dalam beberapa tahun ke depan. Juventus pasti merencanakan itu,” tutupnya.

KATA TERAKHIR BUFFON

6111 hari, enam ribu momen penuh hasrat, suka cita, air mata, kekalahan, dan kemenangan. Terima kasih. Terima kasih untuk semua dari kalian. Karena semua dari kalian berkontribusi pada tiap momenku dengan kostum Bianconeri menjadi spesial. Sebuah hidup yang sudah menjadi kulit kedua bagiku.

Kulit yang aku pakai, cintai, dan hormati. Sesuatu yang sangat berharga dan aku lindungi. Dengan semua batasanku, tapi juga dengan semua hasrat yang selalu menemaniku. Besok, petualangan itu berakhir. Buku yang telah kita tulis bersama akan ditutup. Sangat banyak emosi, terlalu banyak. Mau tak mau, petualangan baru akan dimulai, buku baru akan dibuka. 

Juventus akan selalu ada di atas kepentingan semua pemain, selalu! Juventus akan terus menulis halaman-halaman penting di buku itu, sesuatu yang aku percaya tak akan berhenti. Pasalnya klub ini punya DNA unik yang tak bisa disamai. Tak bisa diulang dan luar biasa.

Juve adalah keluarga, keluargaku. Aku tak akan pernah berhenti mencintainya, berterima kasih kepadanya, dan memanggilnya rumah. Karena Juventus sudah memberikan begitu banyak hal. Segalanya. Melebihi apa yang aku berikan.

Aku akan belajar melihat masa depan dengan mata yang berbeda. Aku akan memulai mencari tantangan baru karena hidup menawarkanku rasa penasaran akan seseorang yang tak mau berhenti merasakan ‘permainan’. 

Dan siapa yang akan merasakan rasa ketakutan sehat akan seseorang yang memiliki pengalaman akan banyak tantangan, saat menang, kalah, tapi siapa yang sadar bahwa setiap orang berbeda dari sebelumnya. Karena itu semua akan lebih sulit.

Aku datang ke stadion menggunakan sepeda, masih sangat muda. Dan besok aku akan pergi dari sana dan menikmati tiap momen, merasakan kepedihan, dan kebahagiaan dari penghormatan. Aku akan sangat tersentuh.

Dan aku pastikan bahwa tak akan jauh dari tempat yang disebut rumah itu, selamanya. Dan aku akan memberi hormat kepada rekan-rekan dan teman-teman yang tak pernah berhenti aku sebut saudara. Fino alla fine! Selamanya milikmu.

Gianluigi Buffon

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here