Fakta LaLiga: Ronaldo Terus Tempel Messi untuk Rebut Trofi Pichichi

0
374
Cristiano Ronaldo
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo Ke gawang Juventus

ORANYENEWS- Gol ke-25 Lionel Messi di LaLiga musim ini masih mengamankan posisi Barcelona sebagai kandidat juara LaLiga 2017/18, sedangkan empat gol yang dicetak bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, akhir pekan lalu kian memperkuat peluangnya untuk rebut trofi Pichichi.

Trofi Pichichi merupakan sebuah trofi yang dianugerahkan oleh surat kabar olahraga Spanyol, Marca, kepada pencetak gol terbanyak di setiap musim LaLiga sejak tahun 1929. Penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian yang diberikan oleh para editor Marca.

Gol Messi yang membawa Barca menang 2-0 melawan Athletic Club Minggu malam (18/3 pukul 22.15 WIB) lalu menambah total gol yang dicetak The Golden Boy ini menjadi 25 gol di klasemen sementara LaLiga musim ini. Penyerang Barca, Paco Alcacer, juga berhasil membobol gawang lawan, sehingga membawa the blaugrana (Barcelona) selangkah lebih dekat untuk mencetak rekor tak terkalahkan sepanjang musim ini.

Saat ini Barca unggul 11 poin di puncak klasemen. Sementara posisi kedua diduduki Atletico Madrid, yang harus menelan pil pahit kekalahan 2-1 melawan Villareal Senin dini hari (19/3 pukul 00.30 WIB) lalu. Pada laga tersebut, Atletico sempat memimpin berkat penalti Antoine Griezmann di babak pertama, namun dua gol di menit-menit terakhir yang dicetak oleh Enes Unal, pemain asal Turki, benar-benar membalikan keadaan.

Real Madrid masih bertengger di posisi ketiga, setelah menang 6-3 di kandang sendiri melawan Girona, Senin dini hari (19/3 pukul 02.45 WIB) lalu dengan empat gol yang disumbangkan Ronaldo. Empat gol tersebut juga menambah total gol CR7 sepanjang musim ini menjadi 22 gol, dengan perolehan 18 gol dari sembilan pertandingan terakhir.

Valencia tetap bertahan di posisi keempat setelah menang 3-1 melawan Alaves di kandang mereka sendiri, Stadion Mestalla. Pertandingan tersebut merupakan kemenangan kelima Los Che dalam enam pertandingan terakhir, yang didukung oleh sepasang penyerang di lini depan, yakni Simone Zaza dan Rodrigo Moreno.

Leganés kembali memperlihatkan performa tim yang memukau dengan mengalahkan finalis perempat final Liga Champions, Sevilla, dengan skor 2-1 di stadion milik mereka, Butarque Minggu sore (18/3 pukul 18.00 WIB). Sedangkan bek Sevilla asal Meksiko, Miguel Layun, mencetak gol pertamanya di LaLiga pada menit-menit akhir pertandingan.

Real Betis naik ke posisi ketujuh di klasemen sementara LaLiga setelah menang 3-0 di kandang sendiri melawan Espanyol Minggu dini hari (18/3 pukul 02.45 WIB) kemarin. Ryad Boudebouz, pemain tim nasional Aljazair, yang dinobatkan sebagai man of the match, berhasil mencetak gol dan juga memberikan assist di pertandingan LaLiga untuk pertama kalinya.

Getafe menanjak ke posisi 10 besar dengan kemenangan balasan 2-1 melawan Real Sociedad Minggu dini hari (18/3 pukul 00.30 WIB) kemarin. Sementara itu, La Real hari Minggu kemarin mengumumkan bahwa Imanol Alguacil, pelatih tim B Real Sociedad, dipromosikan untuk menggantikan posisi Eusebio Sacristan sebagai pelatih utama Real Sociedad hingga akhir musim ini.

Paco Lopez menjadi pelatih Levante pertama yang memenangkan dua pertandingan pertama LaLiga-nya, ketika striker muda asal Ghana, Emanuel Boateng, mencetak gol yang memastikan kemenangan Levante 2-1 melawan Eibar. Kemenangan ini juga mengamankan posisi Levante dari posisi 3 terbawah di klasemen sementara liga, dengan memberikan keunggulan enam poin dibanding tim urutan ke-18.

Pertandingan besar di papan bawah akhir pekan kemarin ditutup dengan skor imbang 1-1 di Riazor, dengan gol tunggal playmaker dari Las Palmas, Alen Halilovic, di menit ketiga. Namun, bek Deportivo La Coruna, Raul Albentosa, berhasil menyamakan kedudukan dengan sundulannya sebelum babak pertama selesai.

Tim urutan ke-20, Malaga, juga memperoleh poin 1 dengan skor imbang 0-0 di kandang melawan Celta Vigo Senin dini hari (19/3 pukul 00.30 WIB) lalu. Namun, The Andalusian (Malaga) masih perlu 12 poin untuk bisa memasuki zona aman, padahal hanya tersisa 9 pertandingan di musim ini.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here