Rem Blong Diduga Penyebab Kecelakaan Bus Ibu-Ibu PKK Ciputat di Tanjakan Emen

0
82

ORANYENEWS- Kecelakaan bus rombongan ibu-ibu PKK Pisangan, Ciputat, yang menewaskan 27 orang di tanjakan Emen, Subang masih dalam penyelidikan. Namun, dugaan sementara penyebabnya adalah rem blong dari bus pariwisata PO Premiun Passion.

Dugaan tersebut diungkapkan Kapolres Subang AKPB M Joni di tempat peristiwa terjadi. “Dilihat dari kecelakaannya, bus terbalik dan tadi sempat menyerempet sepeda motor, diduga sementara rem blong,” ujar AKBP M Joni.

Menurut kronologis peristiwa,   bus yang dikendarai Amirudin tersebut mengalami kecelakaan sekira pukul 16.00 WIB. Saat itu bus melaju dari arah Ciater, Bandung menuju Subang, setelah berwisata di Gunung Tangkuban Perahu. Kondisi jalan menurun dan berkelok, diduga rem blong mengakibatkan sopir tidak dapat mengendalikan kendaraan, sehingga menabrak motor, tebing di sebelah kiri, hingga kemudian terguling di bahu jalan.

Diketahui, bus nahas yang mengalami kecelakaan di Tanjakan Emen adalah satu dari tiga bus rombongan wisata ibu-ibu PKK Simpan Pinjam Permata dari Pisangan Ciputat, Tangerang Selatan.

Koperasi tersebut belum lama ini memiliki kelebihan uang saat tutup buku akhir tahun. Kemudian, uang tersebut mereka gunakan untuk berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu dengan menyewa tiga bus dari PO Premium Passion.

Mereka berangkat Sabtu pagi 10 Februari 2017 ke Gunung Tangkuban Perahu dan kembali sore hari melalui jalur ciater, Subang, Jawa Barat.

Bus yang mengalami kecelakaan adalah bus nomor 1, bus nomor 2 dan 3 jauh berada di belakangnya. Menurut cerita ibu Musrifah yang menumpang di bus nomor 2 kepada suaminya, awalnya mereka tidak menyadari bahwa bus yang celaka tersebut adalah rombongan mereka.

Namun, setelah melihat seragamnya sama, mereka pun berhenti, turun membantu korban kecelakaan. Sebagian di antaranya histeris melihat rekan-rekan mereka tewas meninggal dunia.

Tercatat 27 orang meninggal dunia, 8 luka berat, dan 10 luka ringan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here