Kisah Angker di Balik Nama Tanjakan Emen

1
154
Kecelakaan ibu pkk
Diduga sopir tidak dapat mengendalikan bus saat di tikungan tajam yang menurun. (Foto : ist)

ORANYENEWS- Nama tanjakan Emen yang terletak di Kampung Dawuan, Subang, mendadak terkenal setelah terjadinya kecelakaan bus terguling, yang menewaskan 25 orang dari rombongan ibu-ibu PKK Koperasi Simpan Pinjam Permata, Ciputat, Sabtu 10 Februari sore.

Rombongan ibu-ibu usai melakukan wisata di Tangkuban Perahu. Diduga sopir Amirudin tidak dapat mengendalikan bus saat di tikungan tajam yang menurun, sehingga menabrak motor dan dinding tebing, dan bus terguling. Selain 25 orang tewas, 8 orang luka berat, dan 10 lainnya mengalami luka ringan.

Peristiwa terjadi di turunan/tanjakan Emen, pukul 16.00 WIB. Tanjakan Emen diceritakan banyak memakan korban jiwa, kecelakan seringkali terjadi di kawasan tersebut.

Banyaknya kecelakaan di lokasi tersebut membuat masyarakat percaya bahwa peristiwa tersebut tak lepas dari balasan dari seorang Emen yang kemudian namanya disematkan di tanjakan/ turunan tersebut.

Lalu siapakah Emen? Ada dua versi cerita warga mengenai sosok Emen. Versi pertama menceritakan bahwa ada seorang laki-laki paruh baya bernama Emen ditabrak orang yang tidak bertanggung jawab. Mayat Emen kemudian disembunyikan dirimbunnya pepohonan di sekitarnya, untuk menghindari jejak.

Sejak saat itulah arwah Emen dipercaya sebagian masyarakat sekitar menuntut balas ke siapa saja yang lewat di tanjakan ini.

Kemuduan, versi kedua menceritakan bahwa sosok Emen adalah seorang sopir  yang melakukan perjalanan dari Bandung menuju Subang.

Kala itu diceritakan dia hendak mengirimkan ikan asin, namun nahas kendaraan yang ia bawa mengalami kecelakaan dan mobilnya terbakar di tanjakan tersebut. Emen pun ikut tewas terbakar di dalam mobil itu.

Kejadian tersebut menurut cerita sebagian warga sekitar yang percaya mengakibatkan arwah Emen sering menganggu pengendara yang lewat di tanjakan itu.

Cerita warga mengatakan bahwa tak sedikit pengendara yang mengalami kecelakaan mengaku terjadi kejadian aneh sebelumnya, seperti tiba-tiba ada orang menyebrang, rem tiba-tiba blong, sampai supir atau penumpang kesurupan setibanya di lokasi tersebut.

Apakah benar atau tidak? Itu hanyalah cerita warga sekitar yang percaya kisah tersebut.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here