Tokoh Nasional Akan Hadiri Milad ke-50 Ponpes Daar El-Qolam

0
38
Santri Daar El Qolam saat aktivits belajar. (foto: Daar El Qalam)

ORANYENEWS, GINTUNG- Pondok Pesantren Daar El Qolam memasuki usia yang ke-50. Pada usia setengah abad, Ponpes ini akan mengadakan acara sebagai wujud refleksi serta rasa syukur karena pondok pesantren ini masih tetap eksis dalam mengembang misinya sebagai lembaga pendidikan Islam. Acara Milad tersebut bertajuk “Menjaga Amanah, Merawat Tradisi, Merespon Modernisasi”.

Pondok Pesantren Daar El Qolam berdiri pada 20 Januari 1968 oleh (alm) Kyai Ahmad Rifa’i Arief. Kini, pondok yang berlokasi di Gintung, Serang, Banten itu telah dihuni 5.500 santri yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Acara Milad ke-50 Ponpes Daar El-Qolam ini akan berlangsung sejak 15-22 Januari 2018. Di antara acara tersebut adalah Jambore dan Raimuna Antar Pesantren Se-Jawa dan Sumatera, Malam Refleksi dan Tayangan Film Dokumenter 50 Tahun Daar el-Qolam, Apel Peringatan Milad, Silaturahmi Nasional dan Sarasehan Internasional Forum Pimpinan Pesantren Alumni Gontor dan Gintung, Reuni Akbar Alumni Daar el-Qolam, Daar el-Qolam Expo dan hiburan masyarakat yang akan menampilkan Rhoma Irama dan Soneta Grup.

Kyai Odhy, Pimpinan Pondok Pesantren Daar El – Qolam, mengatakan Milad ke-50 dapat menjadi ajang reuni dan tukar pikiran semua alumni yang sudah tersebar ke seluruh Indonesia.

“Dengan terselenggara acara Milad ini, semua alumni dapat berkumpul, kita semua temu kangen dan bertukar pikiran tentang kemajuan Negeri ini dan Pesantren,” ungkap Kyai Odhy di Pondok Pesantren Daar El – Qolam.

Milad ini juga rencananya akan dihadiri tokoh-tokoh nasional, di antaranya Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhyono, yang akan membuka acara silaturahmi nasional pimpinan pesantren alumni Gontor dan Gintung. Kemudian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendi, Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin, Wakil Menteri Luar Negeri AM. Fachir, dan Yusril Ihza Mahendra. Tokoh-tokoh tersebut akan hadir dalam acara sarasehan para kyai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here