Reshuffle Jilid III, Ketum & Sekjen Golkar Eksis di Kabinet Kerja

0
58

ORANYENEWS – Pagi ini Presiden Joko Widodo melantik sejumlah pejabat negara di Istana. Terdapat beberapa wajah baru yang masuk kabinet kerja menggantikan posisi yang lain. Di antaranya adalah mantan Panglima TNI Jenderal (purn)  Moeldoko dan Sekjen Golkar Idrus Marham.

Yang menarik dari reshuffle jilid III ini adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham berada di dalam kabinet kerja.  Airlangga Hartarto tetap menjadi menteri perindustrian, Idrus Marham masuk mengggantikan Menteri Sosial Idrus Marham.

Baca Juga: Moeldoko Jadi Kepala Staf, Kemana Teten Masduki?

Ini berarti kader partai Golkar yang berada di dalam pemerintahan bertambah satu,  yaitu Idrus Marham.  Kader Golkar di pemerintah adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Sosial Idrus Marham.

Jumlah tersebut, menyamai jumlah menteri dari PDI Perjuangan sebanyak empat menteri, yaitu Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Berikut pejabat yang dilantik hari ini:

Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar, menggantikan almarhum KH Hasyim Muzadi.

Kepala Staf Presiden Jenderal (purn) Moeldoko, menggantikan Teten Masduki.

Menteri Sosial Idrus Marham, menggantikan Khofifah Indar Parawansa.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang menjabat Panglima TNI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here