Yon Koeswoyo in Memoriam, Kisah Getir dalam Cinta dan Ekonomi

0
86
Yon Koeswoyo.

ORANYENEWS- Koesyono Koeswoyo alias Yon Koeswoyo, vokalis Koes Plus tutup usia pada 5 Januari 2017 pada usia 77 tahun. Pria kelahiran Tuban 27 September 1940 tutup usia karena penyakit komplikasi yang dideritanya.

Yon Koeswoyo yang terkenal dengan band legendarisnya, Koes Plus, ternyata kehidupannya tak selamanya berlangsung manis. Walau dia seorang vokalis yang biasanya mudah mendapatkan wanita, tetapi dia justru yang paling lama mendapatkan istri dibandingkan saudaranya yang lain. Tak hanya persoalan wanita, dia juga kerap kali mengalami masalah financial di dalam keluarganya.

Pria yang pernah menempuh pendidikan terakhirnya di Universitas Res Publica (kini Universitas Trisakti) jurusan Arsitektur tetapi tidak sampai selesai itu pernah menuangkan kehidupannya tanpa seorang kekasih itu melalui sebuah lagu “Hidup Yang Sepi”, saat itu Yon benar-benar lajang tanpa kekasih. Pernah, dia menyanyikan lagu tersebut sampai air matanya berlinang.

Saat remaja Yon pernah jatuh cinta dengan seorang gadis Indo Belanda yang cantik. Belakangan saat di acara televisi, Yon mengungkap nama wanita itu pemain drum band wanita bernama Dara Puspita. Sayang, saat cintanya tengah menyala, wanita tersebut justru pergi ke luar negeri. Cinta yang berjarak itu akhirnya kandas, kesedihan Yon tersebut dituangkan sang kakak Tony Koeswoyo dalam sebuah lagu bertajuk “Andaikan Kau Datang”, yang dilantunkan Yon.

Pada akhirnya, Yon berhasil menikah dengan seorang wanita bernama Damiana Susi, asal Yogyakarta. Dari pernikahan ini mereka memiliki dua orang anak bernama Ulung Gariyas (Gerry) Koeswoyo dan Otmar Veda (David Koeswoyo). Namun sayang, pernikahan pertamanya berujung perceraian, karena Susy meninggalkannya di saat Yon tengah terpuruk.

Saat itu, popularitas Koes Plus tengah menurun pascakematian Tonny Koeswoyo, sang kakak. Yon pun beralih dari musik menjadi pengusaha jual-beli mobil dan menyewakan rumahnya.

Tahun 1993, Yon kembali menikah dengan seorang wanita bernama Bonita Angelia. Saat itu, kehidupannya sangat pas-pasan. Saat istrinya hendak melahirkan Yon tidak memiliki uang sama sekali, sehingga dia harus meminjam uang untuk membayar tagihan rumah sakit sebesar setengah juta rupiah.

Dalam pernikahan keduanya itu dia memiliki dua orang anak bernama Bela Aron Koeswoyo dan Kenas Koeswoyo. Istrinya yang kini berhijab seringkali membantu menjadi managernya di dalam setiap kegiatan music Koes Plus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here