Sikapi Donald Trump, Jokowi: Rakyat Indonesia Tetap Bersama Palestina!

0
76
Presiden Jokowi.

ORANYENEWS- Presiden Joko Widodo secara tegas menolak klaim sepihak Amerika Serikat atas Yerussalem sebagai Ibu Kota Israel. Bahkan, Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan tetap konsisten bersama rakyat Palestina.

Pernyataan tegas tersebut disampaikan Presiden Jokowi guna merespon cepat pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

“Saya dan rakyat Indonesia tetap konsisten untuk terus bersama dengan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya sesuai dengan amanah Pembukaan UUD 1945,” tegas Jokowi di Istana Bogor, Kamis 7 Desember 2017.

Ini Pernyataan Klaim Sepihak Donald Trump, Yerussalem sebagai Ibu Kota Israel

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan bahwa pemerintah telah menjalin komunikasi dengan negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk merespons pernyataan Trump. Dia mendesak OKI agar segera menggelar sidang khusus terkait masalah ini.

“Pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan negara-negara OKI agar OKI mengadakan sidang khusus tentang masalah pengakuan sepihak ini pada kesempatan pertama,” katanya.

Lain itu, dia juga meminta PBB menggelar sidang menyikapi pengakuan sepihak Amerika Serikat tersebut. Presiden juga langsung memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk memanggil Dubes AS dan langsung menyampaikan sikap pemerintah Indonesia.

Beberapa jam sebelumnya, Rabu 6 Desember siang waktu Amerika Serikat, Presiden Trump menggelar jumpa pers pengakuan Amerika Serikat atas Yerussalem sebagai Ibu Kota Palestina.

“Ini waktunya untuk mengakui secara resmi Yerusalem sebagai ibu kota Israel,” kata Trump di Gedung Putih.

Trump mengaku, keputusannya ini berlandaskan undang-undang yang sudah diloloskan Kongres AS sejak 1995. Di dalamnya undang-undang tersebut mengatur tentang pengakuan AS bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel dan menyetujui pendanaan pemindahan kantor Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Berikut pernyataan lengkap Presiden Jokowi:

1. Indonesia mengecam keras pengakuan sepihak Amerika Serikat terhadap Jerusalem sebagai ibu kota Israel dan meminta Amerika Serikat mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.

2. Pengakuan sepihak tersebut telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB dimana Amerika Serikat menjadi anggota tetapnya. Ini bisa mengguncang stabilitas keamanan dunia.

3. Saya dan rakyat Indonesia, kita semuanya tetap konsisten untuk terus bersama dengan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya sesuai dengan amanah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

4. Dalam beberapa hari ini, Pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan negara-negara OKI agar OKI segera mengadakan sidang khusus tentang masalah pengakuan sepihak ini pada kesempatan pertama. Dan meminta PBB untuk segera bersidang serta menyikapi pengakuan sepihak Amerika Serikat.

5. Saya memerintahkan Menteri Luar Negeri untuk memanggil Duta Besar Amerika Serikat untuk langsung menyampaikan sikap Pemerintah Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here