Legislator Yayuk Basuki Berharap Lahirnya Kebijakan Hak Cipta Olah Raga

0
20

ORANYENEWS- Anggota Komisi X DPR Yayuk Basuki menilai kebijakan tentang hak cipta olah raga memang sudah menjadi wacana di Senayan.

“Namun, untuk merealisasikan kebijakan ini perlu peran serta dari lembaga dan kementerian terkait dalam hal ini DJKI,” ujar anggota DPR dari fraksi PAN ini.

Mantan petenis nomor satu Indonesia ini juga menilai betapa pentingnya intellectual property (IP) atau hak kekayaan intelektual olah raga, apalagi sudah saatnya para pelaku olah raga di Indonesia harus mempunyai payung hukum yang dapat melindungi dan menjamin kelangusungan hidup mereka di masa depan. “Kita harus melindungi dan menjamin kelangsungan para atlet dan pelaku olah raga kita, karena tanpa disadari ini adalah bentuk apresiasi kepada pahlawan-pahlawan kita yang telah mengharumkan nama bangsa di internasional,” tambah Yayuk.

“Seminar IP & Sport Membuka Mata Saya”

Juara Asian Games yang juga juara Perancis terbuka badminton ganda putri Greysia Polii, dan Pelatih Nasional bulutangkis ganda putri, Eng Hian terlihat hadir dan menjadi pembicara dalam seminar IP & Sports yang membahas tentang hak cipta olah raga.

Greysia menilai event yang digelar WIPO dan DJKI ini sungguh membuka mata dan persepsi tentang betapa pentingnya branding image dan hak cipta olah raga bagi atlet.

“Seminar ini sungguh membuka mata saya, betapa pentingnya branding image terutama bagi masa depan atlet” ujar Greysia.

Tak hanya Greysia, sang pelatih yang juga peraih medali olimpiade Athena, Eng Hian menuturkan betapa pentingnya event IP & Sports terhadap insan olah raga Indonesia. Terlebih untuk menciptakan awareness tentang hak cipta di bidang olah raga.

“Untuk menciptakan kepedulian hak cipta olah raga di Indonesia sangat dibutuhkan. Tidak hanya dari insan olah raga, tapi juga dari seluruh lapisan masyarakat agar kedepannya olah raga akan menjadi alat yang tidak hanya mengharumkan Indonesia di mata internasional namun juga menjadi modal bagi atlet di masa depan,” ujar Eng Hian.

Ajang Seminar IP & Sports yang digelar WIPO badan PBB yang menaungi hak cipta dan kekayaan intelektual ini sendiri telah selesai dan resmi ditutup oleh perwakilan WIPO dari Jenewa, Swiss, Bajoe Wibowo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here