Ini Tiga Anak Muda Terkaya di Indonesia

0
63
Arini Subianto.

ORANYENEWS- Yang muda yang kaya raya. Ini mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan tiga anak muda terkaya di Indonesia. Usianya belum sampai 50 tahun, tetapi kekayaannya sudah mencapai miliaran dolar. Siapa saja mereka? Apa latarbelakangnya? Dan apa usaha atau bisnisnya?

Anak muda terkaya pertama adalah Ciliandra Fangiono. Usianya masih 41 tahun akan tetapi sudah menempati posisi orang terkaya ke 22 di Indonesia. Dia bahkan mengalahkan, konglomerat media Hary Tanoe Soedibjo yang berada di posisi 31 dengan kekayaan USD1,05 miliar. Kekayaan Ciliandra sendiri saat ini diperkirakan Forbes mencapai USD1,42 miliar.

Ciliandro Fangiano sebenarnya bukan orang baru di dalam jajaran orang kaya di Indonesia. Sejak tahun 2009, dia sudah menempati daftar orang terkaya di Indonesia. Bahkan, dia pernah menempati posisi orang ke-18 terkaya di Indonesia pada tahun 2015.

Lalu dari mana sumber kekayan Ciliandra. Dia adalah direktur sekaligus chief executive director First Resources. Di perusahaan ini, Ciliandra bersama saudaranya Cik Sigih memiliki 74 persen saham First Resources. Perusahaan tersebut didirikan ayah Ciliandra, Martias. Namun Martias telah melepaskan keterlibatannya di perusahaan tersebut sejak tahun 2003.

Martias tak lain dulunya adalah Komisaris PT Utama Surya Dumai Industri Tbk, perusahaan yang telah menghapus pencatatan saham (delisting) terhitung 5 Februari 2008 dari bursa efek Indonesia.

Perusahaan yang dikendalikan Ciliandra, salah satunya bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit. Bisa dibilang, dia merupakan salah satu ”raja” sawit di Provinsi Riau dan Kalimantan.

Anak Muda Terkaya Kedua adalah Iwan Lukminto. Dia adalah putera dari mendiang raja tekstil HM Lukminto, pendiri Sritex. Iwan juga bukan orang baru di daftar orang terkaya di Indonesia.

Pria 42 tahun yang sejak 1997 dipercaya memegang kendali Sritex ini berada di peringkat 48 orang terkaya di Indonesia, dengan kekayaan USD490 juta.

Kekayaan Iwan Lukminto sebenarnya meningkat dari dua tahun lalu yang hanya USD450 juta. Akan tetapi, saat itu posisinya berada di peringkat 45 orang terkaya.

Anak muda terkaya ketiga adalah seorang wanita bernama Arrini Sarraswati Subianto. Wanita 46 tahun ini adalah nama baru di jajaran orang kaya Indonesia. Sejak ayahnya, Benny Subianto, meninggal dunia, perusahaan bernilai jutaan dolar dikelola Arini sebagai anak tertua.

Ibu dua anak yang dikenal dengan kecintaannya kepada buku itu kini menjadi Presiden Direktur Persada Capital Investama. Arini mengawasi investasi persada seperti dalam usaha pengolahan kayu, minyak sawit, dan batubara, serta 5 persen sahamnya di Astra Internasional, serta 12 persen di perusahaan raksasa energy, Adaro Energy. Tahun ini kekayaan Arini ditaksir Forbes mencapai USD820 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here