Kekayaan Bos Djarum, Hartono Bersaudara Semakin Tak Terkejar

0
53
Budi Hartono (foto: Ist)

ORANYENEWS- Kekayaan keluarga Rudi Hartono dan Michael Hartono meningkat tajam dan semakin sulit terkejar oleh peringkat berikutnya. Pasalnya, kali ini kekayaan USD32,3 miliar, naik USD17,1 miliar pada tahun ini. Keluarga Hartono pun kokoh berada di puncak orang terkaya di Indonesia.

Terpaut jarak USD23 miliar, orang terkaya kedua di Indonesia ditempati bos Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja. Dia memiliki kekayaan mencapai USD91, miliar.

Meningkat tajamnya kekayaan Hartono bersaudara disebabkan melonjaknya harga saham Bank Central Asia (BCA) yang hampir mencapai 50 persen. Diketahui, keluarga Hartono memiliki 51 persen saham di BCA melalui Farindo Holding Ltd.

Selain bergerak di bidang rokok dan perbankan, keluarga Djarum ini juga banyak berinvestasi di properti (di antaranya Grand Indonesia), agrobisnis (di antaranya 65.000 hektar kelapa sawit di Kalimantan Barat), elektronik (Polytron), dan multimedia.

Untuk bidang multimedia, Djarum membentuk sebuah perusahaan baru bernama Ventures Global Digital Prima, walau belum lama berdiri dari sudah berhasil mengakuisisi sejumlah perusahaan ternama seperti Blibli.com, Kaskus. Belakangan, GDP berinvestasi untuk sebuah media berita bernama Kumparan.

Sedangkan untuk Sinar Mas saat ini masih fokus pada bisnis kertas, real estate, jasa keuangan, agribisnis, dan telekomunikasi. Belakangan Sinar Mas tengah bekerjasama dengan sebuah Perusahaan Asal Spanyol bernama Cepsa untuk membangun pabrik Oleochemical di Pulau Riau, Indonesia.

Anak ketiga Eka Tjipta Widjaja, Franky kini tengah menjalankan agrobisnis dengan bendera Golden Agri-Resources, dan anak keduanya Oei Hong Leong mengelola investasinya sendiri dari Singapura.

Berikut daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes:

  1. Budi & Michael Hartonor (67 tahun) USD32,3 miliar
  2. Eka Tjipta Widjaja (94 tahun) USD91, miliar
  3. Susilo Wonowidjojo (61 tahun) USD 8,8 miliar
  4. Anthony Salim (68 tahun) USD6,9 miliar
  5. Sri Prakash Lohia (65 tahun) USD6,4 miliar
  6. Benjamin Setiawan (84 tahun) 3,65 miliar
  7. Chairul Tanjung (55 tahun) USD3,6 miliar
  8. Tahir (65 tahun) 3,5 miliar
  9. Mochtar Riady (88 tahun) USD 3 miliar

10.Jogi Hendra Atmadja (71 tahun) USD2,7 miliar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here