Usai Cempaka, Terbitlah Siklon Dahlia Mengancam DKI, Banten, dan Jabar

0
71

ORANYENEWS – Siklon Cempaka yang ada di sebelah selatan Pacitan telah luruh dan menjauh dari wilayah Indonesia, akan tetapi kini muncul Siklon Dahlia yang mengancam wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pukul 19.00, Rabu 29 November telah muncul Siklon Dahlia di sebelah selatan Bengkulu dan bergerak ke arah barat dengan kecepatan pusaran angin 65 km/jam.

“Diprediksi besok 30 November 2017 Siklun Tropis Dahlia akan mengarah ke Timur Tenggara ke arah Selatan P. Jawa dengan kecepatan pusaran 85 km /jam, & akan terus berlangsung hingga 2 Des dengan kecepatan pusaran angin 100 km/jam namun semakin menjauh dari wilayah Indonesia ke arah Selatan Tenggara dari pantai selatan Jawa Barat, ” katanya.

Dampak dari Siklon Dahlia akan terjadi di Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Selat Sunda, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Dampaknya berupa cuaca ekstreem, yaitu hujan sedang sampai lebat disertai angin kencang dengan kecepatan maks mencapai 20 knots (35 km/jam), disertai kilat petir.

Kemudian untuk di perairan, di Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bag Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudra Hindia barat Lampung hingga Selatan Jawa dapat terjadi gelombang tinggi hingga 4 sampai dengan 6 m.

Wanita yang akrab disapa Rita ini mengatakan siklon Dahlia ini akan tetap ada hingga 2 Desember dengan kecepatan meningkat akan tetapi semakin menjauhi wilayah Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here