Miris! Belanda Gagal Lolos Piala Dunia 2018

0
49
Timnas Belanda
Robben Gagal Bawa Timnas Belanda Lolos ke Piala dunia 2018

Keinginan tim Belanda untuk merumput di turnamen sepak bola paling prestisius di dunia hanya tinggal angan-angan belaka. Pasalnya, pada pertandingan pemungkas Grup A Belanda Gagal Lolos Piala Dunia 2018 di zona Eropa melawan Swedia di Amsterdam Arena, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB, tuan rumah hanya mampu menang 2-0 atas Swedia.

Dua gol indah yang berhasil di dicetak Arjen Robben melalui penalti pada menit ke-16 dan tendangan jarak jauh pada menit ke-40, yaitu melalui tendangan penalti dan tendangan jarak jauh ternyata masih belum cukup untuk mengantarkan tim Orange tersebut untuk masuk melaju ke putaran final Piala Dunia 2018.

Meskipun hasil perolehan poin dari pihak Belanda dan Swedia sama dengan mengoleksi 19 angka, namun kenyatannya pasukan Dick Advocaat masih kalah dalam hal produktivitas gol.

Dalam 10 pertandingan yang dilakukan untuk Kualifikasi Grup A, ternyata tim Belanda hanya mampu mencetak 21 gol saja, sedangkan tim Swedia sukses menggetarkan gawang lawan sebanyak 26 gol. Hasil tersebut tidak mengubah posisi kedua tim nasional ini.

Belanda akhirnya harus bersabar karena tetap tertahan di peringkat ketiga, sedangkan Swedia berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 melalui jalur playoff.

Tim besutan Janne Andersson diancang-ancang akan menemani Prancis ke Rusia tahun depan. Bagi Belanda, kegagalan untuk tampil di Piala Dunia merupakan yang kegagalan pertama bagi Belanda sejak tahun 2002.

Saat itu Belanda tim yang berada dalam asuhan Louis van Gaal tak mampu bersaing dengan Portugal dan Republik Irlandia. Posisi mereka hanya mampu sampai di posisi tiga klasemen akhir dengan koleksi 20 poin, terpaut empat angka dari Portugal dan Republik Irlandia di posisi satu dan dua.

Sekedar untuk diketahui, kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa terbagi dalam 9 grup. Delapan peringkat kedua terbaik akan melakoni play-off untuk memperebutkan empat tiket tersisa.

Sebenarnya, sebelum laga dimulai, tim Belanda memang memiliki peluang yang sangat tipis untuk bisa lolos langsung ke putaran final. Satu-satunya kesempatan adalah melalui play-off, itu pun amat tipis.

( Baca Juga : Robben Pensiun dari Timnas Belanda )

Untuk merebut posisi runner-up grup dari tangan Swedia, Belanda harus menang setidaknya dengan skor 7-0. Syarat ini wajib dipenuhi dikarenakan Swedia unggul tiga poin atas Belanda dan selisih gol yang dimiliki cukup jauh.

Sayangnya, karena cuma menang 2-0, Belanda akhirnya finish di posisi ketiga klasemen akhir Grup A dengan total perolehan 19 poin.

Grup A ( Kualifikasi Piala Dunia 2018 )

NoTimMnMIKMGKGSGP
1Perancis85211551017
2Swedia85121871116
3Belanda84131611513
4Bulgaria84041317-412
5Luksemburg8125717-105
6Belarus8125416-125

Jumlah poin Belanda sama dengan Swedia, tapi Swedia punya selisih gol yang lebih mantap, yaitu +17 dibandingkan +9. Karenanya, tim Swedia bisa tampil di babak play-off. Sementara itu, tiket lolos langsung direbut Prancis yang jadi juara grup.

Dengan penampilan ofensif sejak awal, Belanda akhirnya berhasil memimpin pertandingan 1-0 lewat penalti Robben pada menit ke-16.

Penalti itu diberikan menyusul handball Victor Lindelof di kotak terlarang. Tembakan penalti Robben meskipun sangat pelan dan mengarah ke tengah, tapi sukses mengecoh kiper Swedia, Robin Olsen.

Setelah unggul dengan satu gol, Belanda pun jadi semakin bersemangat untuk menggempur Swedia.

Robben
Robben saat melawan Swedia

Hasilnya, Robben kembali mencetak gol pada menit ke-40. Tembakan menyilang pemain Bayern Munich itu dari depan kotak penalti menggetarkan gawang Swedia dan membawa tim tuan rumah unggul 2-0.

Pada awal babak kedua, Belanda memasukkan Bas Dost dan menarik keluar Vincent Janssen. Mereka berusaha mencetak lima gol lagi ke gawang Swedia. Sayangnya, dari semua upaya tersebut, Belanda terpaksa gigit jari karena tidak berhasil mendapatkan gol tambahan, sehingga harus rela untuk tidak merumput di Piala Dunia nanti.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here