Sah! PKB Usung Gus Ipul di Pilkada Jawa Timur

0
42
Saifullah Yusuf dan Muhaimin Iskandar.

JAKARTA- Pernyataan siapa yang akan diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terjawab sudah. Hari ini secara resmi partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu mengeluarkan rekomendasi mendukung Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf sebagai calon gubernur Jawa Timur di Pilkada Jawa Timur 2018.

Surat Keputusan bernomor 2394/DPP-03/VI/A.1/X/2017 itu ditandatangani Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar dan Sekretaris DPP PKB Abdul Kadir Karding dan ditandatangani sejak 5 Oktober 2017 kemarin.

Gus Ipul dan Cak Imin

Akan tetapi, surat keputusan tersebut baru dibacakan Tim Desk Pilkada DPP PKB dalam forum konsolidasi DPC PKB se-Jawa Timur, hari ini, Rabu 11 Oktober 2017.

Abdul Halim Iskandar, Ketua DPW PKB Jawa Timur mengungkap bahwa surat rekomendasi ini menjawab pertanyaan dari banyak pihak. Kakak kandung Cak Imin yang juga sempat disebut bakal maju sebagai Cagub Jawa Timur itu mengatakan surat tersebut adalah jawaban yang jelas dan tegas dari PKB.

Pria yang akrab disapa Gus Halim ini yakin, terbitnya rekomendasi tersebut akan membantu Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul itu memenangkan Pilgub Jawa Timur 2018 mendatang.

Lalu, siapakah calon wakil gubernur yang akan didukung PKB? Gus Halim menjawab, berdasarkan SK bahwa calon wakil gubernur baru akan ditetapkan kemudian, sambil menunggul masukan Tim Desk Pilkada DPP PKB.

Gus Ipul dan Cak Imin.

Ini artinya, kata Gus Halim, terbuka ruang dan peluang bagi partai manapun untuk berkoalisi di Pilkada Jawa Timur. Dan Cak Imin berkali-kali menyampaikan bahwa posisi wakil gubernur diserahkan kepada partai yang akan berkoalisi dengan PKB .

Dalam kesempatan yang sama, Gus Ipul yang menerima rekomendasi dukungan tersebut mengaku siap menjalankan amanah dan instruksi dari PKB. Salah satu instruksinya agar Gus Ipul lebih memerhatikan kawasan Madura.

“(Instruksi PKB) Soal lebih memperhatikan pulau Madura, kemudian perhatian terhadap madrasah diniyah dan menghidupkan lagi Gerbangkertasusila,” ungkapnya.

Kata Gus Ipul sebenarnya PKB sudah menunjukkan dukungannya dari sebelum Ramadan beberapa bulan lalu, dan kali ini adalah formalitas atau resminya bahwa PKB secara partai mendukung dirinya maju sebagai calon gubernur.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memiliki basis massa Nahdlatul Ulama (NU) merupakan partai yang cukup besar suaranya di Jawa Timur. Walaupun secara nasional, PKB berada di urutan kelima, akan tetapi Jawa Timur dikuasai partai yang didirikan mantan Ketua PBNU KH Abdurahman Wahid itu.

Pada Pemilu 2014 lalu, PKB menguasai 20 kursi di DPRD Jawa Timur, dengan perolehan 19,10 persen suara, yang kemudian disusul PDIP 19 kursi dengan 18,92 persen suara, kemudian Gerindra, Golkar, PAN, PPP, PKS, Nasdem, dan Hanura.

Pada Pilkada Jawa Timur tahun 2013, PKB merupakan salah satu partai pendukung utama calon gubernur Khofifah Indar Parawansa-Herman Suryadi Sumawir. Dan dikalahkan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf. Kini, PKB mendukung Saifullah Yusuf.

Khofifah dan Cak Imin.

Lawan kuat Gus Ipul di Pilkada Jawa Timur nanti adalah Khofifah Indar Parawansa yang kini menjabat sebagai Menteri Sosial. Khofifah baru saja mendapat dukungan secara resmi dari Partai Golkar.

Sejumlah partai yang belum resmi memberikan dukungan adalah PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PPP, PKS, Nasdem, dan Hanura.

PDIP yang awalnya dikabarkan bakal mendukung Saifullah Yusuf, ternyata belum final. Nama, Wali Kota Surabaya Risma Tri Rismaharini kembali muncul sebagai kandidat kuat dari PDI Perjuangan.

Risma Tri Rismaharini

Partai lain seperti Gerindra, PAN, PPP, PKS, dan Nasdem dikabarkan bakal mendukung Khofifah Indar Parawansa. Akan tetapi, mereka masih menunggu keputusan PDI Perjuangan. Pasalnya, jika Risma Tri Rismaharini maju sebagai cagub Jawa Timur, maka bisa saja merubah konstelasi politik di Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here