Mengejutkan! Robben Pensiun dari Timnas Belanda

0
86
Robben Pensiun dari timans belanda
Robben Pensiun dari timans belanda

Dunia persepakbolaan dikejutkan dengan keputusan Arjen Robben pensiun Timnas Belanda. Keputusan itu diambil setelah Belanda dipastikan absen di Piala Dunia 2018.

Pada pertandingan pemungkas Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa Belanda berhasil  mengalahkan Swedia dengan skor 2-0, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB. Sepasang gol tersebut dicetak Robben di menit 16′ dan 40′.

Sangat disayangkan, usaha Robben untuk meraih kemenangan dan mengantarkan tim Belanda ke Rusia tahun depan masih belum cukup mengingat Tim Oranye ini kalah dalam produktivitas gol dari Swedia.

Belanda Gugur di Kualifikasi Piala Dunia 2018
Belanda Gugur di Kualifikasi Piala Dunia 2018

Pasca pertandingan seluruh penonton berdiri sambil memberikan tepuk tangan kepada sang pemain. Alhasil, tim orange ini hanya mampu finish di posisi tiga klasemen Grup A kualifikasi, di bawah Prancis dan Swedia.

Karena itu, Robben lalu membuat keputusan mengejutkan untuk pensiun dari timnas Belanda. Alasannya, dia ingin fokus sepenuhnya dalam membangun karirnya di klub. Robben menganggap bahwa inilah saat yang tepat untuk meneruskan generasi berikutnya.

“Aku sudah cukup lama memikirkan ini. Dulu sekali, aku juga sudah mempertimbangkan untuk pensiun, tapi pada akhirnya aku memutuskan lanjut. Aku sekarang 33 tahun dan bermain di salah satu klub terbaik Eropa, jadi aku harus membuat keputusan,” kata Robben.

“Aku sekarang fokus total untuk klub. Ini adalah momen yang tepat untuk mengalihkan tanggung jawab kepada pemain lain. Piala Dunia 2010 dan 2014 adalah kenangan terindahku bersama Timnas. Sebagai grup, kami sangat dekat. Aku sangat menikmatinya. Periode 14 tahun adalah waktu yang lama di Tim Oranye. Itu luar biasa,” Robben menambahkan.

Perlu diketahui bahwa Robben memulai debutnya untuk pertama kali dengan tim nasional pada tahun 2003. Dia merupakan tokoh kunci dalam beberapa kesuksesan yang diraih oleh tim Belanda di pentas internasional.

Salah satu yang paling berkesan dan senantiasa teringat dari jejak Robben dalam dunia sepakbola adalah sewaktu dia berhasil mengantarkan Belanda masuk final Piala Dunia 2010. Robben mengakhiri karier internasionalnya dengan mencetak 37 gol dalam 96 penampilan.

Selesai pertandingan Robben bersama putranya berkeliling lapangan Amsterdam Arena sambil melambaikan tangan. Spontan puluhan ribu penonton pun berdiri dan memberikan tepuk tangan yang meriah kepada sang pemain.

Arjen Robben tercatat debutnya di timnas di 2003 dan menjadi figur penting dalam beberapa pertandingan Belanda di level Internasional, termasuk Piala Dunia 2010, di mana tim Belanda sukses masuk ke laga puncak.

piala dunia 2010
Tendangan Rubben ditepis Casillas ketika final Piala dunia 2010

Selain itu, Robben juga pernah mencetak tiga gol untuk membawa Belanda masuk semifinal di turnamen edisi 2014 di Brasil.

Belanda sendiri untuk kali kedua gagal melangkah ke putaran final turnamen besar. Sebelumnya, tim juara Eropa 1988 itu juga tak berhasil masuk putaran final Euro 2016 di Prancis.

selama 14 tahun melaksanakan tugas negara, Arjen Robben telah mencatatkan 96 penampilan, 37 gol serta 29 assist pada semua ajang.

Torehan tersebut, ternyata membawanya menyamai catatan gol Dennis Bergkamp yang berada pada urutan ke empat sebagai top skor sepanjang masa Orange.

Pelatih Timnas Belanda, Dick Advocaat, menilai Arjen Robben sebagai seorang pemain sepakbola terbaik dunia saat ini. Mantan pelatih Timnas Rusia sangat yakin kalau semua orang nantinya akan merindukan kehadiran sosok Robben untuk Timnas Belanda.

“Arjen adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Dia masih akan melanjutkan kariernya di level klub,” kata pelatih berusia 70 tahun itu dikutip dari Fourfourtwo. Selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here