Profil Egy Maulana, Anak Medan yang Mencuri Perhatian

0
70
Egy Maulana

JAKARTA- Nama Egy Maulana Vikri belakangan ini sering disebut-sebut sebagai bintang baru di tim nasional Indonesia. Dinobatkan sebagai salah satu dari 60 pemain muda bertalenta di dunia oleh majalah Guardian, membuat .

Lalu, siapakah Egy Maulana Vikri yang mencuri perhatian pecinta sepakbola Tanah Air ini?

Putra dari Syarifudin ini memulai karirnya dari kampung halamannya di Medan, Sumatera Utara. Sejak kecil dirinya sudah menyukai menendang bola di rumahnya.

Egy Maulana

Kemudian, kelas 1 SD barulah dia masuk Sekolah Sepak Bola (SSB) Taman Setia Budi Indah (Tasbi). Tapi, karena bapaknya juga memiliki SBB, yaitu SSB Asam Kumbang. Jadilah, Egy mengikuti kedua SSB tersebut untuk mengasah kemampuannya dalam menggiring si kulit bundar.

Sang Bapak mengajari Egy cara shooting dengan menggunakan sepenuh tenaga di SSB Asam Kumbang. Kemudian, pelatih Gabroesky yang memberi sentuhan teknik di SSB Tasbi.

Pertama kali bakatnya ditemukan pelatih Indra Sjafri di tahun 2012. Saat itu, pemain dengan tinggi 163 cm itu membawa timnya, Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia (ASSBI) Sumatera Utara menjuarai Grassroots Indonesia U-12 Tournament di Tangerang Selatan, Banten.

Indra Sjafri menemukan bakat Egy Maulana di usia 12 tahun.

Kemudian bakat Egy Maulana ditemukan Indra Sjafri saat Festival FIFA Grassroot tahun 2012 di Medan. Egy pun memposting fotonya bersama Indra Sjafri di akun twitternya saat masih berusia 12 tahun.

“Foto itu diambil saat saya bertemu Egy pertama kali di Festival FIFA Grassroot pada 2012 di Medan. Ketika itu saya melakukan scouting di lapangan SSB-nya Egy,” cerita Indra Sjafri.

Sejak pertama bertemu, Indra sudah kepincut dengan kemampuannya. “Saya sudah lihat bakat dia, Egy menonjol dibandingkan pemain lain seusianya,” ujar Indra.

Dari pertemuan itu, Indra Sjafri terus memantau perkembangan Egy. Dia berharap suatu waktu nanti Egy bisa mengisi tim yang akan dilatihnya. “Selama itu Egy dibina Pak Subagya Suihan dari Cirebon,” katanya.

Usai bertemu Indra Syafri, Egy mengikuti seleksi saat dirinya duduk di bangku sekolah kelas 1 SMP. “Alhamdulillah lolos, dari situ main ke kualifikasi AFF, dapat top skor. Lalu, direkrut SSB Ragunan. Jadi kelas 2 SMP di Ragunan,” urai Eggy.

Dalam ajang Liga Kompas Gramedia U-14 Egy berhasil membawa timnya ASIOP Apacinti sebagai juara. Kemudian, di Gothia Cup 2016 mencetak 28 gol dan menjadi top skor di ajang tersebut.

Selanjutnya, anak kedua dari 3 bersaudara menjadi pemain terbaik dan top skor di ajang Piala Suratin. Dengan 22 gol, dia membawa Persab Brebes sebagai juara.

Saat Indra Sjafri kembali melatih timnas U-19, dia pun kembali menemui Egy dan merekrutnya sebagai salah satu pemain dalam timnya. Ternyata, Egy tak hanya berhasil masuk, dia juga menjadi tulang punggung tim.

Bersama timnas U-19, Eggy pun ikut berlaga di Toulon Tournament 2017. Walaupun pulang cepat karena tidak berhasil mengoleksi angka, tapi Egy berhasil menyabet sebagai Jouer Revelation Trophy di ajang tersebut, tropi tersebut sangat bergengsi karena juga pernah diraih oleh Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo.

Pulang dari Toulon Tournament, Egy pun dipanggil untuk ikut seleksi 26 pemain pilihan Luis Milla, pelatih timnas senior Indonesia. Dan Egy menjadi satu-satunya pemain dari timnas U-19 yang dipanggil ke Bali untuk ikut seleksi. Akan tetapi, sayangnya Egy dicoret dan tidak masuk ke dalam timnas U-22.

Selebrasi Egy Maulana usai melesakkan gol ke gawang Kamboja.

Akan tetapi, penampilan Egy Maulana bersama timnas U-19 terus memukau pecinta sepak bola Tanah Air. Pada laga persahabatan melawan Kamboja, Egy berhasil menyumbang gol untuk timnas U-19 hingga timnya menang 2-0.

Profil Egy Maulana Vikri

Nama LengkapEgy Maulana Vikri
Tempat LahirMedan ,Sumatera Utara
Tanggal Lahir07 Juli 2000
Umur Sekarang17 Tahun
Anak ke2 dari 3 bersaudara
Tinggi163 CM
KebangsaanIndonesia
AgamaIslam
Nama AyahSyarifudin
ProfesiPemain sepakbola
Posisi PemainPenyerang / pemain tengah
No Punggung10
Prestasi
  • Best player gothia cup
  • Pemain Terbaik dan Top Scorer Gothia Cup, 2015
  • Juara Piala Soeratin bersama Persab Brebes, 2016
  • Pemain Terbaik dan Top Scorer Piala Soeratin, 2016
  • Jouer Revelation Trophee, Turnamen Toulon, Prancis, 2017
  • Pencetak Gol Terbanyak Piala AFF U-18, 2017

Akankah Egi Maulana Vikri menjadi bintang pemain nasional selanjutnya? Ikuti terus laga Egy bersama tim nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here