Luna Maya Dikecam karena Orang Utan

0
54

JAKARTA- Artis yang juga model cantik Luna Maya mendapat kecaman keras dari sebuah lembaga bernama Borneo Orang Utan Survival (BOS) Foundation. Penyebabnya kecaman terhadap Luna Maya adalah Orang Utan.

Ya, penyebabnya adalah Orang Utan yang dilibatkan dalam pemotretan Luna Maya dalam majalan Brides Indonesia. Di dalam akun Instagram BOS Foundation, organisasi non profit tersebut kecewa dengan dilibatkannya Orang Utan di dalam foto tersebut.

Orang Utan adalah salah satu satwa yang dilindungin, terancam punah, dan dilindungi undang-undang. Pasal itu, BOS Foundation berpendapat bahwa tidak selayaknya Orang Utan diperlakukan sebagaimana layaknya model, dipromosikan sebagai mainan atau hewan peliharaan.

Luna Maya sebagai publik figur, lanjut BOS Foundation, sudah selayaknya membantu organisasi masyarakat dalam meningkatkan kepedulian akan isu penting nasional dan global, seperti pelestarian Orang Utan.

Mereka tak hanya mengecam Luna Maya, Bos Foundation juga turut mengecam Brides Indonesia, Bimo Permada sebagai jurnalis, dan Bali Zoo sebagai lembaga konservasi, yang kesemuanya terlibat dalam pemotretan bertajuk “Pernikahan Impian Luna Maya”.

Bali Zoo sebagai lembaga konservasi seharusnye berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat, bahwa Orang Utan selayaknya hidup di alam.

Masalah tersebut pun tak lepas dari komentar netizen, banyak yang ikut memberikan komentar atas postingan organisasi tersebut.

Berikut komentar Netizen:

@CantikDinda:

Menurut saya, seharusnya media lebih bijak dan dapat mengedukasi para pembacanya, bahwa orangutan merupakan satwa liar yang dilindungi Undang Undang dan statusnya terancam punah.

Seharusnya, orangutan dibiarkan hidup bebas di habitatnya.

Foto bersama orangutan juga dapat membahayakan bagi manusia.

Meskipun sudah jinak, orang utan tentu memiliki insting untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, salam lestari.

@rosie_the_riveter23:

“Ini sangat mengerikan, media perlu menghentikan eksploitasi terhadap satwa, baik terancam punah ataupun tidak.

Primata ini tentu berharap agar kita menyelamatkan mereka dari keegoisan dan keserakahan kita sebagai manusia.

Inilah sebabnya saya enggan membeli majalah serta sengaja tidak menonton media.

“Hal ini sama sekali tidak bisa diterima.

Sangat menyedihkan jika banyak orang berpikir sah-sah saja menngunakan binatang untuk kepentingan manusia, terutama pada hewan yang sangat langka seperti orangutan.”

Dalam pemotretan tersebut, Luna Maya dan Majalah Brides Indonesia juga melibatkan satwa yang dilindungi lainnya, di antaranya burung Elang.

Luna Maya dan Reino.

Luna Maya adalah selebriti dan model yang sangat populer. Setelah putus dengan vokalis Ariel Peterpan, kini dia berpacaran dengan seorang pengusaha muda keturunan Indonesia-Jepang, Reino Barack.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here