Setya Novanto: Politisi Sakti Mandraguna

0
199
Setya Novanto

PENGADILAN Jakarta Selatan mengabulkan pra peradilan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto. Itu artinya, status Tersangka Setnov otomotis gugur. Ini bukan kali pertama Setnov lolos dari jeratan hukum yang membelitnya sejak 1999 silam.

Kemenangan pra peradilan Setnov kali ini makin meneguhkan Setnov sebagai politisi paling licin yang nyaris tidak bisa disentuh oleh hukum. Betapa tidak, sejak tahun 1999 lalu, ia kerap dikaitkan dengan sejumlah kasus hukum, namun dia bisa lolos dengan mudah.

Ya, harus diakui, setnov cukup lihai sehingga bisa terbebas dari kasus hukumnya selama ini, sekalipun kasusnya terbilang cukup berat seperti e KTP.

Tak terlalu sulit untuk mengatakannya Setnov merupakan politisi yg lihai dan licin jika berurusan dengan persoalan hukum. indikasinya cukup banyak.

Tahun 1999 misalnya, Setnov terbebas dari tuduhan skandal Cessie Bank Bali. Kasus ini dihentikan bersamaan dengan terbitnya SP3 dari Kejaksaan pada bulan Juni 2003.

Selanjutnya soal dugaan keterlibatan kasus PON RIAU 2012. Meski ditengarai sebagai aktor yang mengatur aliran dana ke DPR yang membidangi olahraga, Setnov hanya diperiksa sebagai saksi atas tersangka Gubernur Riau, Rusli Zainal.

Tahun 2015 Ketua DPR itu juga lolos dari jerat skandal “Papa Minta Saham” karena diduga mencatut nama Presiden untuk perpanjangan kontrak Freeport Indonesia. Meski dilaporkan ke MKD, Setya Novanto tak dijatuhi hukuman apapun.

Kasus yang paling mutakhir tentunya soal kasus Korupsi e KTP. Meski sempat jadi tersangka, Setnov akhirnya menang Pra peradilan di Pengadilan Jakarta Selatan.

Sejumlah fakta mengindikasikan bahwa Setnov merupakan pendekar politik paling Sakti Mandraguna karena mampu melalui semua masalah hukum yang sempat membelitnya.

Suka tak suka, inilah realita hukum kita saat ini. Meski publik tak terima dengan pra peradilan Setya Novanto, namun fakta hukum memihak Setnov. Itu artinya, dia clear dari kasus hukum sejauh ini.

Penulis Opini:

Adi Prayitno

* Dosen FISIP UIN Syarif Hidayattullah

Pengamat politik

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here