7 Hal Ini Bikin Anak Selalu Kangen Ayah

0
117
Ayah dan Anak bermain bola.
Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JAKARTA- Walaupun anak selalu menghabiskan waktu dengan sang ibu di rumah, tapi seringkali anak juga selalu merasa dekat dengan ayah. Sehingga, tak sedikit anak yang merindukan melakukan aktivitas yang asyik bersama, saat ayahnya tengah sibuk bekerja. Lalu, apa saja yang membuat anak selalu merindukan ayah?

  1. Suka Bermain

Walaupun anak sering menghabiskan waktu bermain bersama teman-temannya, atau bermain sendiri di dalam rumah bersama adik dan kakanya, tapi terkadang anak merasa bosan. Jadi, sering anak mengajak sang ayah untuk bermain bersama dirinya di rumah.

Ayah dan Anak bermain bola.

Tentu saja, permainan anak dengan ayah berbeda saat bermain sendiri, dengan teman, atau bahkan dengan ibunya sendiri. Bisa jadi, anak merasa senang dan nyaman saat bermain dengan ayah, inilah yang membuat anak rindu bermain dengan ayahnya, saat sang ayah tidak berada di rumah, karena sibuk di rumah.

Jadi jangan heran, walau ayah lelah selepas kerja dan pulang malam hari, anak selalu menunggunya dan tetap semangat mengajak ayah untuk bermain.

  1. Makan Bersama Keluarga

Seringkali anggota keluarga sibuk dengan aktivitas masing-masing, nah salah satu yang memersatukan keluarga dari aktivitas super padat adalah makan bersama. Aktivitas makan bersama adalah momen yang sangat ditunggu anak, karena semua anggota keluarga, termasuk sang ayah bisa berkumpul bersama dan menciptakan keakraban lewat pembicaraan ringan.

Aktivitas ini akan selalu teringat anak, walaupun kemudian beranjak menjadi dewasa dan sudah berkeluarga.

  1. Ayah, Jalan-Jalan Yuk
Ayah dan Anak bersepeda.

Jangan dipersepsikan anak selalu ingin atau menuntut untuk bepergian ke luar negeri, atau ke tempat wisata yang indah. Tidak, anak akan merasa cukup senang jika diajak anak di tempat-tempat yang belum pernah dia temui. Misalnya, wahana permainan, toko buku, museum, atau hanya sekedar mengitari taman di sekitar perumahan anda.

Bagi anak, bepergian dengan ayah membuatnya merasa aman dan nyaman, karena dia beranggapan seorang ayah akan selelu menjaga dan melindunginya.

  1. Ayah, Aku Mau Cerita..

Pernahkah tiba-tiba anak Anda ingin bercerita, membagi apa yang telah dijalaninya selama seharian di sekolah, di rumah, atau saat bermain dengan teman-temannya. Jika begitu, janganlah menghindar atau marah. Karena lewat cerita, dia selalu berbagi isi hatinya kepada orang terdekatnya.

Dengarkan dan simak cerita anak Anda dengan baik, dengarkan keluh kesahnya, dan bantu mencari solusi jika dia menghadapi masalah. Ayah tentu akan memberikan solusi terbaik untuk anaknya. Kedekatan seperti ini akan terbawa bagi anak hingga dia dewasa, dia pasti akan selalu mencari ayahnya, hanya untuk sekedar bercerita.

  1. Dimarahi Ayah

Setiap orang pasti pernah berbuat salah, hingga akhirnya dimarahi ayah. Tapi, marah bukan berarti benci atau menyalahkan anak terus menerus. Tapi, marah di sini maksudnya tegas hingga memberi tahu kepada sang anak, bahwa yang dilakukan kurang tepat. Tegas ini menjadi sifat dasar seorang ayah, karena ingin anaknya mengerti mana yang baik dan tidak. Saat dewasa, anak pasti akan merindukan sosok ayah yang memarahinya karena berbuat salah.

  1. Beraktivitas Bersama
Ayah dan Anak mencuci mobil.

 

Ayah tidak bekerja bagi seorang anak seperti mendapatkan seorang teman. Makanya, anak selalu saja bersedia melakukan aktivitas apapun bersama ayahnya, seperti membersihkan rumah, pekarangan, mencuci mobil atau menggantikan tugas ibu, memasak di akhir pekan.

Kebersamaan dan keakraban tersebut terkadang membuat sang anak rindu dengan sang ayah, untuk melakukan aktivitas bersama lagi.

  1. Suka Bercanda

Menjadi seorang ayah, tidak selalu menunjukkan wibawanya dan tegas. Kadang kala, dia bisa saja bergurau agar suasana dengan anaknya lebih cair dan akrab. Misalnya, saat sedang kumpul dengan anak, ayah memberikan tebak-tebakan unik, yang kadang jawabannya tidak tepat, tapi lucu.

Kadang di sebuah kesempatan, ayah berbuat iseng seperti menjahili anak dengan mengatakan sesuatu yang sifatnya guyon. Meski kecil, tapi itu membuat anak merasa rindu dan selalu ingin kehadiran ayahnya, walau hanya sekedar untuk bercanda.


Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here